PENGERTIAN
SOFTWARE MENURUT PARA AHLI
1. Roger . S. (2002)
Roger
(2002) mengatakan bahwa yang dimaksud dengan software atau perangkat lunak
adalah suatu perintah program dalam sebuah komputer, yang apabila dieksekusi
oleh usernya dapat memberikan fungsi dan juga unjuk kerja yang diinginkan oleh
usernya. Pernyataan ini menggambarkan bahwa software atau perangkat lunak ini
berfungsi untuk memrintah komputer, agar komputer tersebut dapat berfungsi
secara optimal, sesuai dengan keinginan user atau brainware yang memberikan
perintah kepadanya.
2. Melwin (2007)
Ahli
lainnya, yaitu Melwin (2007) mengatakan bahwa perangkat lunak atau software itu
sendiri merupakan sebuah perangkat yang berfungsi sebagai pengatur aktivitas
kerja komputer dan semua instruksi yang mengarah kepada sebuah sistem komputer.
Lebih lanjut disebutkan pula bahwa sebuah perangkat lunak merupakan sebuah
perangkat yang menjembatani interaksi user dengan komputer yang menggunakan
bahasa mesin.
Jadi,
apabila kita hubungkan dengan elemen atau komponen komputer yang seudah
dibahas, kedudukan software adalah berada di tengah – tengah, diantara hardware
dan juga brainware, yang bertugas untuk membantu usernya (sebagai brainware)
dalam melakukan interaksi degnan komputer (hardware).
3. Wilman & Riyan
Tokoh
lainnya yang mendefinisikan mengenai pengertian dari software atau perangkat
lunak adalah Wilman & Riyan. Wilman & Riyan mengatakan bahwa yang
dimaksud dengan software atau perangkat lunak merupakan sebuah perangkat
operasi kerja untuk menjalankan sebuah komponen pada hardware.
Lebih
lanjut, disebutkan pula oleh Wilman dan juga Riyan, bahwa software memiliki
sifat maya, yang dapat diartikan bahwa software tidak dapat terlihat secara
fisik, namun demikian, fungsi dan juga keberadaan dari software ini dapat
dirasakan dan sangat bermanfaat terutama bagi usernya.
PENGERTIAN HARDWARE MENURUT PARA AHLI
Wahana Komputer .Hardware adalah perangkat komputer yang terdiri atas susunan
komponen-komponen elektronik berbentuk fisik (berupa benda)
Sunarto S.Kom. Hardware adalah perangkat pendukung EDPS (elektronik
data processing system) yang dapat dirasakan dan disentuh
Wijaya Ariyana dan Deni Arifianto. Hardware adalah komponen komputer yang dapat
dirasakan secara fisik yaitu dapat dilihat dan diraba
Yudha Yudhanto, Yunus Sulistyo, Dedi Gunawan. Hardware adalah
komponen pembentuk sebuah komputer secara fisik.
Ali Zaki. Hardware merupakan bagian fisik dari komputer,
termasuk sirkuit digital di dalam komputer.
Rachmad Hakim S. Hardware merupakan perangkat keras, yaitu alat
tambahan yang dapat dipasang ke dalam komputer.
R. Wilman dan Riyan. Hardware merupakan serangkaian piranti elektronik yang
tercompact pada ponsel yang berfungsi terkait piranti-piranti menjadi satu
bagian yang tidak terpisahkan
Raya Fahreza. Hardware adalah merupakan bagian perangkat keras
yang bekerja sesuai dengan instruksi software
Joko Untoro. Hardware adalah perangkat fisik berupa komputer
beserta instrumen pendukungnya.
BAGIAN-BAGIAN HARDWARE DAN FUNGSINYA
1. Input
Device (Unit Masukan)
Unit ini
berfungsi sebagai media untuk memasukan data dari luar ke dalam suatu memori
dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan
Input Device :
Keyboard
Mouse
Touchpad
Light Pen
Joystick
2. Process
Device (Unit Pemrosesan)
Otak sebuah komputer berada pada unit pemrosesan (Process Device). Unit pemrosesan ini dinamakan CPU (Central Processing Unit). Fungsi CPU adalah sebagai pemroses dan pengolah data yang selanjutnya dapat menghasilkan suatu informasi yang diperlukan. Pada komputer mikro unit pemrosesan ini disebut dengan micro-processor (pemroses mikro) atau processor yang berbentuk chip yang terdiri dari ribuan sampai jutaan IC.
Process
Device :
Power Supply
(PSU)
Random Access
Memory (RAM)
Kartu Grafis
(VGA)
Prosesor
Motherboard
3. Output
Device (Unit Keluaran)
Output
device merupakan peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan
ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat
dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil
proses. Hasil pemrosesan tersebut dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu
tulisan (huruf, angka, simbol, khusus), image (dalam bentik grafis atau
gambar), suara, dan bentuk lainnya yang dapat dibaca oleh mesin
(manchine-readable from). Tiga golongan pertama adalah output yang dapat
digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terkahir biasanya digunakan
sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer
Output Device :
Monitor
Printer
Speaker
4. Backing
Storage (Unit Penyimpanan)
Storage
atau biasa juga disebut memory adalah suatu tempat penyimpanan atau penampung
data dan program. Dapat juga dikatakan sebagai Electronic Filing Cabinet pada
sistem komputer. Penyimpanan cadangan merupakan penyimapanan semua informasi
non aktif didalam komputer. Ada dua jenis utama alat penyimpanan cadangan
yaitu: Serial Accsess, Contohnya tape drive, dan Direct Access, Contoh disk
magnetis, yaitu harddisk, floppy disk (diskette) yang ini sudah jarang sekali
dipakai saat ini, CD/DVD ROM, Tape Drive, Magnetic Tape.
Backing Storage
:
Harddisk (HDD)
5. Periferal
(Unit Tambahan)
Peripheral
adalah hardware tambahan yang disambungkan ke komputer, biasanya dengan bantuan
kabel ataupun sekarang sudah banyak perangkat peripheral wireless. Peripheral
ini bertugas membantu komputer menyelesaikan tugas yang tidak dapat dilakukan
oleh hardware yang sudah terpasang didalam casing
Periferal :
Modem
Sound Card
(Kartu Suara)
Optical Disc
Drive
Uninterruptable
Power Supply (UPS)
APLIKASI-APLIKASI SAAT INI
1.
2.
3.
4.
5.
PENGERTIAN
INTERNET MENURUT PARA AHLI
- penelitian dan pengembangan wahana komputer (2005, p4), Internet adalah metode untuk menghubungkan berbagai komputer ke dalam satu jaringan global, melalui protokol yang disebut Transmission Control Protocol / Internet Protocol (TCP/IP)
- Menurut Lani Sidharta (1996) : walaupun secarafisik Internet adalah interkoneksi antar jaringan komputer namun secara umum Internet harus dipandang sebagai sumber daya informasi. Isi Internet adalah informasi, dapat dibayangkan sebagai suatu database atau perpustakaan multimedia yang sangat besar dan lengkap. Bahkan Internet dipandang sebagai dunia dalam bentuk lain (maya) karena hampir seluruh aspek kehidupan di dunia nyata ada di Internet seperti bisnis, hiburan, olah raga, politik dan lain sebagainya.
- Drew Heywood (1996) menerangkan : sejarah Internet bermula pada akhir dekade 60-an saat United States Department of Defense (DoD) memerlukan standar baru untuk komunikasi Internet working. Yaitu standar yang mampu menghubungkan segala jenis komputer di DoD dengan komputer milik kontraktor militer, organisasi penelitian dan ilmiah di universitas. Jaringan ini harus kuat, aman dan tahan kerusakan sehingga mampu beroperasi didalam kondisi minimum akibat bencana atau perang.
- Definisi menurut strauss, El-Ansary, Frost (2003, p8) Internet adalah seluruh jaringan yang saling terhubung satu sama lain. Beberapa komputer-komputer dalam jaringan ini menyimpan file, seperti halaman web, yang dapat diakses oleh seluruh jaringan computer.
- Menurut Allan (2005, p12) internet adalah sekumpulan jaringan komputer yang saling terhubung secara fisik dan memiliki kemampuan untuk membaca dan menguraikan protokol komunikasi tertentu yang disebut Internet Protocol (IP) dan Transmission Control Protocol (TCP). Protokol adalah spesifikasi sederhana mengenai bagaimana komputer saling bertukar informasi.
JARINGAN INTERNET
1. Modem
Modem adalah perangkat
tambahan yang menjembatani komputer supaya dapat terhubung dengan jaringan
internet. Modem berperan untuk merubah suatu sinyal digital menjadi sinyal
analog dan merubah sinyal analog jadi sinyal digital.
2. Router
Router yaitu alat
jaringan yang mengarahkan aliran lalu lintas jaringan. Bila router diposisikan
di antara internet serta jaringan internal, router itu bisa berlaku untuk
firewall. Router umumnya dilengkapi dengan tabel data alamat-alamat IP yang
menggambarkan kebijakan penyaringan
3. Domain name
server
Domain name server atau
yang umum disingkat dengan DNS adalah penerjemah dari suatu alamt IP address ke
alamat domain address dan sebaliknya. DNS adalah bagian utama dari internet
lantaran server-server DNS mengatasi penerjemahan naman-nama host ke IP address
numerik hingga paket-paket bisa dirutekan ke alamat yang tepat didalam
internet.
4. Situs server
Situs server adalah
aplikasi yang dipakai untuk menerima permintaan informasi dari user lewat situs
browser dan kirim kembali informasi yang diminta lewat hypertext transfer
protocol atau HTTP. Umumnya situs server ditempatkan di komputer khusus pada
situs hosting.
5. ISP
atau internet service provider
APLIKSI
INTERNET
- E-mail / electronik mail : surat atau pesan elektronik yang dikirimkan oleh dan antar individu atau komputer. Saat ini, email tidak hanya berisi teks saja, tetapi sudah bisa dilampiri dengan grafik, foto dan juga suara. Contoh email: riswadi@si.raharja.ac.id
- Mailing List : sering disebut milis di kalangan neter Indonesia, salah satu jenis discussion group di internet. Anggota milis dapat berkomunikasi dengan mengirimkan email pada list address. Contoh milis: raharja10@groups.live.com
- Newsgroups : juga salah satu discussion groups yang ada di internet namun menggunakan komputer jaringan khusus yang disebut sebagai UseNet.
- File Transfer Protocol / FTP : layanan internet untuk melakukan transfer file antara komputer kita dengan server di internet sehingga kita bisa men-download maupun upload file-file.
- Remote Login : layanan remote login mengacu pada program atau protokol yang menyediakan fungsi yang memungkinkan seorang pengguna internet untuk mengakses (login) ke sebuah terminal (remote host) dalam lingkungan jaringan internet.
- World Wide Web / www : layanan internet yang paling banyak dikenal orang dan paling cepat perkembangan teknologinya. Pengguna dapat melihat World Wide Web dari sebuah perangkat lunak (software) yang disebut web browser. Contoh web browser : Internet Explorer, Mozila Firefox dll.
- Videoconference atau konferensi video adalah seperangkat teknologi telekomunikasi interaktif yang memungkinkankan dua pihak atau lebih di lokasi berbeda dapat berinteraksi melalui pengiriman dua arah audio dan video secara bersamaan.
- Telephony atau sistem telepon: meliputi konversi sinyal-sinyal suara menjadi sinyal-sinyal listrik frekuensi-audio yang dapat dipancarkan melalui sebuah sistim transmisi listrik, dan dikonversikan kembali menjadi sinyal-sinyal tekanan suara pada ujung penerima.
- P2P Application : merupakan singkatan dari Peer-to-Peer atau teknologi dari “ujung” ke “ujung” pertama kali di luncurkan dan dipopulerkan oleh aplikasi-aplikasi “berbagi-berkas” (file sharing) seperti Napster dan KaZaA. Pada konteks ini teknologi P2P memungkinkan para pengguna untuk berbagi, mencari dan mengunduh berkas.
- Internet Broadcast : memungkinkan stasiun radio dan/atau televisi melakukan siaran (langsung/tidak langsung) melalui internet.
INTERAKSI ELEKTRONIK
A. e-Commerce
Mengacu pada kegiatan komersial seperti perdagangan.transaksi dapat berlangsung secara realtime dari sudut mana saja di dunia asalkan terhubung dalam internet.
Mengacu pada kegiatan komersial seperti perdagangan.transaksi dapat berlangsung secara realtime dari sudut mana saja di dunia asalkan terhubung dalam internet.
B. e-Banking
Kegiatan perbankan di internet dengan melakukan transaksi perbankan melalui sarana internet. Lewat sarana internetseorang nasabah dapat melakukan pengecekan rekening, transfer dana, hingga pembayaran tagih-tagihan rutin bulanan melalui rekening bank.
Kegiatan perbankan di internet dengan melakukan transaksi perbankan melalui sarana internet. Lewat sarana internetseorang nasabah dapat melakukan pengecekan rekening, transfer dana, hingga pembayaran tagih-tagihan rutin bulanan melalui rekening bank.
C. e-Government
Di artikan sebagai sebuah system di internet yang mengeplolitir potensi di suatu daerah dengan mengundang pihak-pihak yang mungkin dapat memberikan keuntungan bagi daerah bersangkutan seperti investor atau turis.
Di artikan sebagai sebuah system di internet yang mengeplolitir potensi di suatu daerah dengan mengundang pihak-pihak yang mungkin dapat memberikan keuntungan bagi daerah bersangkutan seperti investor atau turis.
D. e-Learning
Penerapan teknologi informasi di bidang pendidikan dalam bentuk sekolah maya.di lakukan secara live namun virtual, dimana seorang guru mengajar di depan computer yang ada di suatu tempat , sedangkan para siswa mengikuti pelajaran tersebut dari computer lain di tempat yang berbeda
Penerapan teknologi informasi di bidang pendidikan dalam bentuk sekolah maya.di lakukan secara live namun virtual, dimana seorang guru mengajar di depan computer yang ada di suatu tempat , sedangkan para siswa mengikuti pelajaran tersebut dari computer lain di tempat yang berbeda
merkur 23c slots casino - Xn - O80B910a26eepc81il5g
BalasHapusmerkur 23c slots casino - Xn - O80B910a26eepc81il5g.online · Merkur 23c Slots Casino - O80B990a26eepc81il5g.online · Merkur 바카라 사이트 23c 메리트 카지노 쿠폰 Slots Casino - หาเงินออนไลน์ O90B990a26eepc81il5g.online
The 10 Best Casinos in Atlantic City - MapYRO
BalasHapusThe 10 광양 출장안마 Best Casinos in Atlantic City · 1. Harrah's New Orleans · 동두천 출장안마 2. Caesars 영천 출장안마 Atlantic City · 3. Atlantic City · 4. Borgata Hotel 김천 출장안마 & 서산 출장마사지 Casino · 5. Atlantic